Monday, April 18, 2011

April yah?

Dah lama gak ngepost, ternyata dah april aja, baru cek timeline, ternyata bulan mei kosong, ya, jadi ngepost pendek aja deh, biar timeline april keisi. hohohoho.

Bulan april, apa sih yang menarik di bulan april.
mari kita coba bahas.

April adalah bulan keempat dari kalender Gregorian, bulan april berjumlah 30 hari. (hehehehe...ketik aja, yg penting ngepost)

Aslinya, bulan april adalah bulan kedua dalam kalender Roman, sebelum Januari dan February dimasukkan ke dalam sestem kalender oleh raja Numa Pompilius (siapa itu king Numa Pompilius? silahkan klik nama si bapak itu disamping) pada tahun 700 SM. Kenapa make nama April?? kenapa gak bulan Madu, bulan Purnama, ato gak bulan Abe, wwkwkwk..oke yang ini ngasal.
Penurunan nama bulan April (dalam bahasa latin Aprilis, dari bahasa latin kayaknya yak) masih belum jelas. Etimologi secara tradisional dari bahasa latin Aperire ini adalah, "untuk membuka", nah lho, buka apa nih, jangan jangan buka bukaan lagi, eits jangan ngeres, Aperire itu dikiaskan untuk musim dimana pohon-pohon dan bunga-bunga mulai "terbuka", yang didukung dengan perbandingan dari bahasa Yunani modern, yaitu  ἁνοιξις (apa bacaan nya ini, keriting mata saya) yang berarti opening / pembukaan untuk musim semi. Jadi yang pertama, bulan april adalah bulannya musim semi. yihaaa. bersemi-semi semua.
Nah itu kan secara etimologi (ca elaah, bahasa gw), ada cerita juga dalam pemberian nama April ini.
seperti bulan-bulan lain di dalam kalender Roman yang diberi nama untuk menghormati Dewa-dewi, april juga dipersembahkan buat menghormati dewa, yaitu dewi Venus (siapa itu dewi Venus, silahkan klik tulisannya) dimana Cestum Veneris et Fortuna Virilis (pesta Venus dan manusia Fortune, apaan itu saya juga gak tau) diadakan pada hari pertama di bulan april. maka dari itu, bulan april menjadi bulannya mbak Venus ini, ato di dalam bahasa Yunani dikenal dengan sebutan dewi Aphrodite (Aphros), atau dalam bahasa bangsa Etruscan (sekarang masuk kawasan Italy) mbak Venus ini dikenal dengan nama Apru, bangsa Anglo-saxon menyebut April sebagai Oster-monath atau Eostur-monath (plis jangan tanya ini apaan, saya juga kurang tau).
jadi yang kedua, april dikenang dengan bulannya mbak Venus, dewi kecantikan, cinta dan kesuburan, yg lahir di bulan april pasti cantik, penuh cinta dan subur. SWT.

ini nih mbak venus lagi seksi seksian. credit: wikipedia


Selain pada kepercayaan bangsa Romawi, dimana di tanggal 1 April dilakukan pesta untuk memuja dewi Venus, 1 April juga dikenal khalayak ramai dengan April Fool's Day, dimana ditanggal ini di halalkan berbohong atau ngerjain siapapun, bertolak belakang dengan ajaran guru-guru TK dan guru ngaji kita dulu dimana berbohong itu tidak dibenarkan. hehehe.Kenapa bisa ada April Fool's Day ato April Mope ini??
mari kita kroscek secara tajam, setajam cangkul.
April Fool's Day ini dirayakan di negara-negara berbeda di seluruh dunia, dengan caranya masing-masing juga tentunya, April Fool's Day ini merujuk pada All Fool's Day, dimana pada hari itu dibenarkan adanya tindakan asusila, nggak deng, di hari 1 April itu dirayakan dengan berbagai macam guyonan, atau kebodohan, biasanya orang-orang sering ngerjain temen, guru, pak pos, pak polisi, pak presiden. wkwkwkw...ada yah yang nekat ngerjain pak presiden.
contoh kasus:
plot cerita: ada yg  lagi kesel nih sama pak polisi, soalnya pak polisi sering nilang ato gimana.
pemeran:
A : sebagai lakon utama
B : sebagai pak polisi

A: pak polisi, di gedung sana ada bom
B: wah, beneran kamu?
A: iya pak, tadi ada yang nelpon gitu
B: oke mari kita kroscek (sambil nelpon tim gegana satu batalyon, nutup area diameter 5 kilometer dari TKP, nelpon Polri)
A: oke pak
setelah berselang waktu beberapa saat, ternyata bom nya gak ada
A: (tereak sekencang2nya pake toa) April mooooooooope.
B dan tim yang lain : -bengong-
A: hahahahah...ini april mope pak, selamat anda semua saya kerjain, wkwkwkwkwk
B dan tim lainnya mengokang senjata dan mengarahkan target ke A
anda tau kelanjutannya gimana, ya pasti ditembak ditempat dia, ngerjain kok malah gitu.

tapi, bagi yang masih single ato jomblo. april mope ini bisa jadi ajang iseng-iseng berhadiah, nembak target yang udah lama di incer.
A: eh, mau gak jadi pacar aku.
B: haaa?? seriusan kamu
A: iya, serius.
B: hmmm gmn yah, aku lagi gak pengen pacaran (ini sumpah cuma sebuah alasan kampungan, lagi gak pengen pacaran itu cuma alibi buat menutupi kalo dia itu gak punya perasaan pada anda, jadi kalo dalam situasi yg sebenarnya anda menhadapi alasan seperti ini, mending urungkan niat buat pertanyaan selanjutnya, karena dijamin anda cuma bertepuk sebelah tangan)
A: jadi??
B: maaf yah, kita gak bisa pacaran
A: Apriiil Mooooope, wkwkwkwkwkwk..(padahal di dalam hati udah sedih tingkat minus)

kalo di terima kan asik, kalo gak ya gak asik...__ __!|!|

Uniknya, di New Zealand, Irlandia, UK, Australia dan Afrika Selatan, april fool ini cuma bertahan sampe siang, jadi dilarang bikin fool ba'da siang, dan seseorang yang memainkan trik foolish setelah siang bakal dipanggil "April Fool" dan diejek "April Fool's Day's past and gone, You're the fool for making one." -April Fool day udah lewat dongo, lw yang paling dongo buat bikin joke, wkwkwk. ya gitu lah kira-kira artinya.




1 April diperingati sebagai hari pembodohan publik ini pertama kali dikenal dalam  tulisan pak Chaucer, dalam karyanya Centerbury Tales (1392).

Di bulan april, tepatnya tanggal 8, juga dikenal khalayak ramai sebagai ulang tahunnya Budha sidharta gautama.
Budha. credit : wikipedia
the lotus lantern, untuk memperingati ulang tahun Budha. credit: wikipedia
yang ketiga, April adalah bulannya langit.
Nah, bulan april, oleh kalangan astronom, baik amatir ataupun profesional, juga para pencinta langit, dikenal dengan bulan Astronomi, dimana selama sebulan penuh didedikasikan untuk Astronomi, atau sering disebut sebagai Global Astronomy Month. GAM. kalo yg tahun ini disebut, Global Astronomy Month 2011, GAM 2011, dengan slogan One People One Sky.
Logo GAM 2011, dan slogannya. credit: astronomerswithoutborders.org
Pada acara yang berlangsung selama satu bulan penuh ini, begitu banyak sosialisasi astronomi yang dilakukan, misal pada tanggal 12 April kemaren, dirayakan 50 tahun manusia pertama keluar angkasa, merujuk pada misi badan antariksa Uni Sovyet yang mengirim om Yuri Gagarin keluar angkasa.
juga dibeberapa negara, atau lembaga-lembaga antariksa mengadakan star party, star gazing bersama masyarakat, yang bertujuan untuk mensosialisasikan astronomy, beragam acara dilakukan dengan hal-hal yang berbau langit, seperti kemaren tanggal 17, ada acara SunDay, yaitu acara pengamatan matahari, pembahasan matahari dan lain-lainnya about matahari, dan masih berlangsung di hari ini pengamatan bulan, yang dikenal dengan nama LunarWeek. dan masih banyak lainnya, bisa dilihat schedule nya disini.
butuh info selanjutnya tentang Global Astronomy Month 2011 ini?? klik ini yah.

Logo Lunar Week. credit: www.astronomerswithoutborders.org
logo SunDay. 17 april 2011. credit: astronomerswithoutborders.org
oiya, ada lagi yang menarik, pengamatan meteor shower yang akan datang bentar lagi, atau dikenal dengan hari Meteors Without Borders - Lyrids Watch 2011. pengamatan meteor shower Lyrids, dari arah rasi Lyra, bisa dilihat pada tanggal 16-26 april, tapi puncak nya pada tanggal 21-22 april. nah, ayo keluar dan berburu meteor shower.
Logo Meteors Without Borders: Lyrids. 21-22 April 2011. Credit: astronomerswithoutborders.org

hmmm..
begitulah sedikit cerita tentang bulan april,,,
hmm..
walopun sekarang udah tanggal 17 april, ya gak apa apa lah telat juga, harusnya pan dari awal bulan di post, tapi baru kebikin sekarang, jadi maap yak, oiya, kado kirim aja yak,,hohoho...

No comments:

Post a Comment