Monday, January 3, 2011

Kaleidoskop 2010

Tahun 2010 telah berlalu, dan sekarang kita beranjak ke tahun 2011. Dimana ada penambahan satu angka lagi di belakang tahunnya, dari 2010 menjadi 2011. (gak penting bgt dibahas)
Tahun 2010, seperti tahun tahun sebelumnya yang dijalani, memberikan suatu warna tersendiri di perjalanan kehidupan ini (ca elaaah).
Tahun 2010, merupakan tahun yang sedikit memberi kesan yang dalam bagi saya sendiri, tahun dimana semua pikiran menjadi kacau, juga merupakan tahun yang memberikan kenangan yang mungkin bakal tidak dilupakan, dan saya juga gak ingin melupakan. :)
Tahun 2010, merupakan tahun yang ke dua ribu sepuluh dalam perhitungan kalender masehi. (yaudah gak usah dibahas yg ginian)
Tahun 2010, tahun yang penuh kenangan, di tahun ini, saya mampu dan bisa menyelesaikan kuliah (walopun saat tulisan ini di rilis, saya masih berkecimpung di dunia tanpa kerja, )
Tahun 2010, tahun yang penuh kenangan bagi saya (perasaan kalimat ini dah beberapa kali di tulis dari tadi), tahun dimana perjuangan buat lulus kuliah itu terasa banget, dan sudah dibahas di post-an yang lalu.
Tahun 2010, dimana pada awal tahunnya dimulai dengan tanggal 1 januari seperti tahun tahun sebelumnya, dan sama aja, tiap tahun ya kita mengalami tanggal tanggal yang sama seperti tahun tahun sebelumnya, cuman yg beda itu apa yg kita alami tiap tanggal nya.
Tahun 2010. (udah ah, pake awalan tahun 2010 mulu)

Di tahun 2010 (yaaaah, sama aja awalannya) kemaren, begitu banyak kenangan atau kejadian terjadi.
Dan, mari kita bahas, sekedar perenungan supaya lebih baik di tahun tahun kedepan, (bagi saya sendiri sih).

Apa yang telah saya lakukan di tahun 2010 ini?

pertanyaan pertama, apa yang telah saya lakukan di tahun 2010 ini. baik itu bagi diri sendiri, ataupun orang sekitar.
pada umumnya sih, saya belum terlalu melakukan hal yang terlalu berarti. masih sama seperti tahun tahun sebelumnya, cuma menghabiskan waktu sebagai seorang anak yang mengabdi pada orang tua nya.
Kuliah, menambah wawasan, dan itu merupakan sebuah pengabdian untuk orang tua. Kenapa pengabdian untuk orang tua, kita dari ingusan dulu sekolah, sampe dah segede bagong gini kuliah. Dan itu masih merupakan pengabdian kepada orang tua, karena emang dari dulu kita di sekolahin, mulai dari pemikiran yang masih belum mengerti apa itu artinya sekolah, kita di sekolahkan oleh orang tua kita. dan jarang sekali orang2 sekolah karena emang keinginan dia sendiri, mungkin emang sebuah tuntutan orang tua, kita mesti sekolah, dan emang tuntutan orang tua, dan itu buat diri kita sendiri. Dari sini, bisa di anggap sekolah maupun kuliah itu merupakan pengabdian buat diri kita sendiri.
Dan apa tujuan sekolah/kuliah???
Pasti beberapa ornag mikirnya, buat tambah pinter. Jawaban yang terlalu klise. ya pastilah sekolah itu buat nambah pinter.
Tapi tujuan nya apa?
Kita sekolah cuma buat lulus.
Itu yang dapat saya ambil, kita dah bertahun tahun sekolah, tujuannya? masih gak jelas kan. Dan saya menyimpulkan sekolah itu buat lulus sekolah.
Kalo ada yg bilang tujuan sekolah itu buat kerja. ya gak nyambung lah, sama aja jawabannya sekolah itu buat pinter, itu sebuah kepastian. Coba tanya, kita sekolah buat apa? pasti buat lulus. karena tujuan akhir sekolah ya buat lulus kan.
(kok bahasannya aneh gini sih)
anggap aja bener tujuan sekolah itu buat lulus, nah tindakan kita apa biar bisa lulus. Itu yang menjadi pertanyaan besarnya.
Kita gak perlu memikirkan atau mengharapkan output yang baik, jika proses nya kita abaikan.

Yang penting prosesnya, sekarang tujuan/output sekolah itu adalah lulus. Jika kita menginginkan kita lulus sekolah, apa yang harus kita lakukan pada prosesnya, apa kita nyantai2 aja dengan pengetahuan yg minim, atau kita belajar buat bisa mencapai kelulusan itu.
Itu yang penting.

udah ah bahas ginian, gak nyambung ma topik, dah OOT bgt,
Kembali ke pertanyaan tadi, apa yang telah saya lakukan pada tahun 2010 kemaren.
Dari segi pengabdian diri dan orang tua, saya telah melakukan kewajiban sebagai anak, dengan kelulusan kuliah.
Dan mungkin baru cuma itu, moga kedepannya saya lebih bisa melakukan hal hal yang lebih memberikan arti lagi.
Dan itu juga yg merupakan kebahagian tersendiri bagi saya, melihat senyuman ibunda ketika sidang wisuda saya, hal yang paling membahagiakan di tahun kemaren. semua kepenatan dalam pembuatan TA di akhir2 tahun kuliah saya terbayarkan tuntas, lunas, dengan sebuah senyuman ibunda.
Temen2 yang masih kuliah bisa merasakannya nanti, dan yang telah merasakan pasti bisa mambayangkannya.

Sebuah kejadian sebuah kenangan.

Dalam melalui hari demi hari, beribu kejadian terjadi, beribu kegiatan kita alami. baik itu kejadian yang menyenangkan, kejadian yang biasa biasa aja, kejadian yang bikin terharu, yang bikin sedih, yang bikin bahagia. Kumplit.
Karena emang tiap melalui lika liku kehidupan (preeeet) kita selalu menemui hal hal seperti itu.
termasuk juga saya, melalui hal hal tersebut juga.
begitu banyak kejadian di tahun 2010 kemaren, yang menjadi kenangan di tiap bite memori otak kita.
Dan apapun itu kejadian dan kenangannya, baik itu bahagia ataupun sebuah kesakitan, kita mampu dan bisa mengambil pelajaran dari tiap inci kejadian itu.
 Dan saya pun juga mengalaminya, begitu banyak, dan moga dapat mengambil pembelajaran buat lebih baik kedepannya.
Sebuah kejadian buat sebuah hal yang paling absurd di dunia pun saya mengalami, masalah hati. Ditahun itulah, saya mengalami lagi hal yang telah lama saya tidak alami, saya bertemu lagi hal yang telah lama tidak ingin saya pikirkan. it is love. huhuhuhu.
Dan terimakasin buat engkau disana, yang telah melihatkan hal indah itu, walopun ending nya gak seenak skenario FTV di televisi. Tapi, terima kasih. arigatou gozaimasu.
sebuah kenangan manis yang tersimpan di server khusus di otak saya.
harapan buat kedepannya di tahun 2011, hmmm. saya tidak terlalu berharap sama masalah hati, biar mengalir aja dengan sendirinya, walopun masi menyimpan harap sama si "engkau". hoho.

Sebuah renungan, sebuah pembelajaran.

telah banyak hal hal yang dilalui, dan itu menimbulkan kesan tersendiri, emang disini tidak dibahas semua renungannya, tapi di lain waktu kemaren, saya benar2 telah merenunginya. hohoho.
dan tiap scene kenangan itu, dapat diambil pembelajarannya. pembelajaran yang pasti bakal berguna buat kedepannya. yang bakal menelurkan pola pikir baru, yang membawa kita ke jati diri sebenarnya.
Moga kita dapat mengambil pembelajaran dari tiap kejadian yang terjadi.
yang merupakan harapan buat lebih baik lagi kedepannya.

No comments:

Post a Comment