Thursday, December 23, 2010

Siapa bilang astronomi itu sulit?

Astronomi, salah satu bidang keilmuan yang mempelajari langit beserta isinya, baik itu bintang, meteor, galaksi, extrasolar planet, matahari, planet, dan yang lainnya, yang mengupayakan atau sedikit meramalkan bagaimana kehidupan ini berawal dengan mempelajari objek objek langit.
Astronomi, bidang keilmuan yang selalu bergema dikepala saya. dimulai dari masa2 sekolah dulu, cita cita utama saya yaitu kuliah dengan Astronomi sebagai bidang studinya. (curcol..wkwkwkw)
Astronomi, atau tepatnya langit, merupakan sesuatu yang membuat orang orang berdecak kagum, dengan adanya meteor shower, atau hanya bulan yang penuh menghiasi langit malam.
Tidak bisa dipungkiri memang, langit begitu lekat dengan kehidupan kita, apalagi yang lagi kasmaran. Langit begitu menjadi rujukan untuk berlebay ria, hahah.
Kadang sempat kita dengar beberapa kutipan kalimat dua sejoli yg menjalin kasih:
"tunjuk satu bintang diatas, akan kupetik buatmu, karena begitulah besarnya cintaku"
Hueeek, seenak bacot aja bilang mau metik bintang, tapi jangan salah, dengan bahasa super lebay kayak gitu, si target alias cewek, klepek2 dengernya. (belum pernah buktiin sih, praduga tidak bersalah aja. hoho)
Langit begitu mengispirasi kehidupan dunia, mulai dari berabad2 dahulu, sampai masa kini, terbukti dengan adanya bangunan2 kuno (kayak stone henge, kuil kayak piramid di suku maya, piramid, dan bahkan ilmuwan memperkirakan candi borobudur juga salah satu bangunan yang dilatarbelakangi astronomi) yang mengiterpretasikan keadaan langit, sampai masa kini, dimana melihat langit itu bukan salah satu hal yang sulit.
Langit, juga merupakan tempat penuh inspirasi bagi orang orang. Pokoknya langit keren lah. susah juga melukiskannya dengan kata kata (lebay pisan)
ada satu kutipan lagi nih yang mengilhami orang yang lagi LDR, dikala bulan menghiasi langit di malam hari:
"keren yah, walaupun kita berjauhan, tapi kita bisa melihat bulan yang sama, serasa kamu ada disamping aku"

hahahahaha.

Nah, siapa bilang astronomi itu sulit?
kadang kita melihat dan mendengar dari orang (mungkin juga sih pembaca disini mendengar kayak gitu)
saya memiliki minat dengan astronomi, tetapi dari mana saya bisa memulai? Sebetulnya, menggemari astronomi itu tidaklah sulit. Kenapa tidak sulit? Memangnya untuk menggemari astronomi membutuhkan teleskop? Atau pengetahuan yang ‘wah’? Jawabannya adalah tidak! Untuk menggemari astronomi hanya dibutuhkan beberapa hal sederhana. Yang pertama adalah: Langit malam yang cerah dan penuh gemintang. Kedua: Tentu saja mata untuk memandangi dan menikmati keindahan langit. Dan ketiga: Sedikit saja pengetahuan tentang benda apa yang ada di langit, dan kalau memang belum tahu, peta langit tentu bisa membantu.
Tentu saja, ini bukanlah teori yang sulit untuk diterapkan.Jadi dengan sedikit saja pengetahuan, sebutlah, yang mana rasi Orion? Yang mana Taurus? Lalu kalau tahu mereka ada di mana, apa yang istimewa di sana? Paling mudah dan paling menarik tentu saja Pleiades di Taurus. Bila langit sedang cerah, maka kita akan beruntung menemukannya. Sedikit saja bergeser dari situ, ke arah Orion, maka kita akan bisa menemukan nebula Orion. Semakin kita mengetahui objek-objek menarik yang ada di langit, maka semakin banyak yang kita ketahui dan kita nikmati. Oleh karena itu, jangan takut, astronomi itu sebetulnya mudah dan menyenangkan,


                                              (pleiades di taurus, credit: rockhounds.com)

                                     

Mari menjadi Astronom (amatir).

Siapa saja yang disebut dengan astronom amatir? Semua orang yang punya rasa ingin tahu akan antariksa dan alam semesta sudah pantas disebut sebagai astronom amatir. Ketika seseorang memandang langit dan menyadari indahnya tatanan bintang yang dapat dibentuk-bentuk menjadi rasi, bulan yang menyinari langit malam dan jika beruntung dapat melihat meteor shower yang melintas, mereka yang menyadarinya adalah orang-orang yang telah masuk ke dalam dunia astronomi dan sangat pantas disebut sebagai astronom amatir.

Banyak sekali cara yang dapat ditempuh untuk mempelajari lebih jauh tentang antariksa. Salah satu cara menyenangkan yang dapat dilakukan oleh semua orang adalah mengenal rasi. Dengan melihat susunan beberapa bintang dan mencocokkannya dengan peta langit, seseorang dapat menduga rasi yang dibentuk oleh bintang-bintang tersebut. Itulah cara pertama dari langkah yang sangat bermanfaat dalam mengenal keindahan langit lebih jauh. Dengan pengetahuan akan bagian-bagian langit, seseorang dengan alat yang tepat dapat mengeksplorasi lebih banyak keindahan seperti galaksi Andromeda yang berada pada wilayah rasi Andromeda, Nebula Orion atau M42 di rasi Orion dan masih banyak lainnya.

Nah ternyata, menjadi astronom amatir itu juga asik, sapa tahu kita bisa menemukan objek langit baru. Jangan salah lho, banyak astronom amatir, yang tidak memiliki latar belakang astronomi, tidak mengenal astrofisika, elmu elmu kanuragan kayak matematika, fisika, kimia, tapi mereka menemukan objek langit baru. bahkan tahun 2009 yang lalu, seorang anak berumur 14 tahun menemukan nova. Cuma mengandalkan sedikit pengetahuan, dan keinginan buat belajar. Dan yang tentu pastinya langit yang cerah.

Jadi. mari kita menjadi astronom amatir.


reference:
langitselatan.com
rockhounds.com 

No comments:

Post a Comment