Tuesday, June 1, 2010

Okultasi dan hujan di Tobucil

Minggu, 16 may 2010
adalah hari dimana Okultasi venus terhadap bulan terjadi. Apa itu Okultasi?. Okultasi adalah terhalangnya objek langit oleh objek langit lain yang dilihat dari bumi, bisa dibilang gerhana. Tapi ada ketentuan, sesuatu bisa di bilang okultasi jika jarak antara kedua objek langit tersebut kecil dari jari2 objek yang menghalangi...jadi gini..dalam kasus okultasi Venus-Bulan, jarak kedua objek langit tersebut harus kecil dari jari2 bulan..jarak yang dimaksud bukan jarak antara bulan dan venus..kalo itu mah jauh banget..tapi jarak yang dibentuk dari pengamatan yang dilihat dari bumi sebagai titik acuan.
Dalam pergerakan benda-benda langit, ada saat dimana 3 benda langit atau lebih berada dalam posisi sejajar. Untuk kasus ketika Bumi dan 2 benda lainnya mengalami kesejajaran, Peristiwa seperti ini dikenal sebagai okultasi, Peristiwa mirip lainnya yakni transit merupakan peristiwa di saat sebuah benda langit dekat yang tampak lebih kecil melintasi piringan obyek jauh yang lebih besar, seperti transit Venus atau Merkurius ketika melintasi piringan Matahari. Peristiwa transit ini juga yang dipakai sebagai salah satu metode dalam pencarian planet di luar Tata Surya.
ini gambar okultasi yang terjadi tanggal 16 may

Nah, berhubung ada momen Okultasi ini, Komunitas Langitselatan mengadakan talk show dan cuap cuap bersahabat di Tobucil. Acara ini seharusnya di hadiri teman2 Langitselatan, namun sayang yang dateng cuma dua orang (termasuk saya ...:peace) dan para petinggi Langitselatan. Sedikitnya temen2 Langitselatan datang dikarenakan cuaca yang buruk, hujan lebat banget, saya juga maksain dateng (kapan lagi gitu). tapi tetep seru, talk show berubah tema menjadi "ngobrol2 sore2 yang hujan". Kami terfokus pada infokus yang dipake, dan mas Ferry yang menjadi "tukang obrol" utama. pembahasan yang menarik, ditambah beberapa dari komunitas atau club lain yang lagi berada di Tobucil ikutan nimbrung,, jadi tambah seru. Dalam pembahasan, dapat di tarik kesalahan yang ditampilkan media2. media2 terlalu mendramatisir kayaknya, mereka bilang kalau okultasi venus-bulan selanjutnya akan terjadi 50 atau berapa puluh tahun lagi, lupa juga...tapi setelah dapet penjelasan dari mas Ferry, ternyata di tahun 2010 aja ada tiga kejadian okultasi Venus-Bulan, dan salah satunya ya tanggal 16 may yang lewat. (sebenernya ni post terlalu basi kayaknya..tapi gak apa apa lah)
nah untuk pengen tau lebih apa dan gimana sih Okultasi itu..bisa klik disini

Ada share dikit, saya kan ikutan tuh acara gath dan kumpul2 LS dengan tema Okultasi yang udah disampaikan. saya adalah peserta pertama yang hadir (pertamax gan), orang kedua aja dateng pas obrolan dah dimulai, kenalan sama orang kedua ini ternyata dapet koneksi juga, beliau merupakan aktifis komunitas astronomi UPI (Cakrawala). dapet link buat ngamat via teropong landas bumi kecil2an di UPI ntar,,,wheheheh,,

Dan yang paling bikin memorizing bgt yaitu Tobucil itu sendiri, sebuah rumah kecil bertamankan pohon dan bunga2 yang asri bgt lah, keren lah pokoknya, dan dijadikan tempat pertemuan komunitas2 dan club2, mulai dari komunitas/klub filosofi, klub baca, klub nulis, klub akustikan, banyak dah, yang jadwal nya, atau yang ngumpul di tobucil tiap hari beda2. jadi kalau maen kesana, kayaknya seru, bisa ikutan ma beberapa klub yang pada ngumpul disana. Dan yang unik, jualannya Tobucil, hand craft semua, plus buku2 (bisa dibilang buku2 "aneh" soalnya gak pernah keliatan di toko buku besar (atau saya yang capek nyari)). saya sempet beli buku bacaan, dan buku yang diberi judul "sketch book" yang aseli handmade dan dari kertas daur ulang, menarik banget. (tapi yang namanya handmade tetep mahal..T-T)..

ini sedikit penampakan Tobucil
Suasana Tobucil yang asri

salah satu kegiatan di Tobucil


sekian dulu post kali ini, banyak yang pengen ditulis sih, tapi masi rada susah nyusunnya, ntar kalo ada waktu tak nulis lagi..

No comments:

Post a Comment