Saturday, June 12, 2010

fenomena apa?

hmm..
gimana memulai post ini yah..
gini..
pernahkah anda melihat sosok seseorang yang anda kenal di dalam sosok seseorang yang baru anda kenal beberapa saat???

saya sering mengalami hal seperti itu..ketika baru kenal seseorang...saya mendapati sosok temen ato orang yang pernah dikenal sebelumnya dari sosok yang baru ini...misalnya sikap dan tingkah laku...gaya bahasa..gaya bicara..ketawa..ato malah kepribadian nya mirip2 serupa...
ini sungguh membingungkan..
mungkin gara2 saya jenis orang yang rada observasi lingkungan yah..saya waktu baru mengenal sesorang..selalu mengamati satu per satu orang..mencoba mempelajari sosok mereka terlebih dahulu sebelum menjerumuskan diri untuk dekat atau ngobrol bareng mereka...
jadi..orang yang bari kenal..pasti menganggap saya orang pendiam dan sopan (hahaha)..

tapi dengan kebiasaan observasi ini...saya sering menemukan sisi menarik dari seseorang langsung beberapa saat setelah kenalan..ato beberapa waktu lah..dan yang paling unik menurut saya...saya dengan sendirinya dapat menarik kesimpulan kalo orang ini mirip dan rada sama dengan orang yang sudah saya kenal sebelumnya...

ini termasuk aneh...
pikir saya...
gimana saya bisa mendapatkan kemiripan antara si A dengan si B...
tapi biasanya kemiripan itu tadi..tingkah laku..gaya bahasa...tindak tanduk..
yang pada dasarnya sama orang2 lain rada butuh waktu lama untuk menyadari...
tapi saya dengan cepatnya bisa menyadari...
contohnya beberapa waktu lalu...
saya ikut salah satu kegiatan seni (sanggar seni) di bandung ini..
dan kenalan dengan beberapa orang baru...
beberapa menit ato malah mungkin detik setelah kenalan...saya dapat langsung memutuskan klo ini orang mirip dengan orang yang sudah saya kenal sebelumnya...
saya dapat menemukan kepribadian orang lain di diri orang yang baru saya kenal...
aneh..
bener2 aneh,,,
dan ketika saya tanyain sama salah satu temen...
terjadi pembicaraan kayak gini..

A= saya sendiri...T=temen

A: eh tau gak..si A itu mirip loh sama si anu
T: mirip gimana???jauh dari kemiripan tuh, orang mukanya jelas2 beda..(ketawa)
A: mirip lho..tingkah lakunya...inget gak dia gini2 (saya mempraktekkan beberapa gerakan yang dilakukan tersangka) mirip sama si anu waktu gitu juga,
T: gak meratiin gw..mata lw dah rabun kali..
(:hammer..mata gw negatif..bukannya rabun)

setiap orang yg saya tanyain..pasti meres otak buat mikir bener apa kagak kesimpulan saya...tapi saya yakin klo emang saya dapat menemukan kepribadian orang lain di dalam kepribadian seseorang...
tapi dengan garis bawah...orang2nya sudah saya kenal sebelumnya...

ini masuk fenomena aneh menurut saya...
tapi menarik..
sosok sapa lagi yang bakal hadir di pertemuan baru ntarnya...

kembali lagi ke awal saya yang tipe orangnya observatif..
(mang ada yah tipe orang observatif??)

saya bakal diam dan mencoba mempelajari orang yang baru saya kenal...dan siap2 lah berhadapan dengan kebisuan saya ntar klo kita ketemu...

hehehhe..

dan siap2 dengan penilain saya...(yang kadang2 bener2 pedas menurut saya..)

tapi di ilmu psikologis..
apa ada yah fenomena ini di kenal???
saya jadi pengen tau...
fenomena apa ini sebenernya...
fenomena ketika kita mendapati sosok atau kepribadian orang lain di dalam diri seseorang...

4 comments:

polypanicroom said...

kamu tahu mengapa orang2 jepang jarang punya facebook? karena mereka tidak ingin identitasnya diketahui... karena mereka percaya bahwa tanggal lahir bisa mencerminkan orang itu. mulai dari tahun bulan tanggal sampai hari lahir bisa ditelusuri... begitu. jadi jangan aneh! dalam buku personality plus orang itu cuma dibagi 4 kategori... ya kalo ada kesamaan, wajar lah,,, tapi yang harus kita lakukan adalah bagaimana caranya kita menyikapi berbagai macam orang yang kita temui agar sikap kita diterima oleh orang itu,,,

hijrah mardiani said...

klo fenomena ini juga jadi pertanyaan saia udah lama...

hmm..

psikologi emang asyik bgt..

coba km baca buku personality plus & personality puzzle...

disana banyak ilmu baru + mangstab buat orang2 yg mulai belajar ilmu kejiwaan

Nb: biz baca buku ini praktekin langsung...
dan siap siap anda bakal di hujani julukan PERAMAL.... haahaha....

so jangan cuma memandangi org2 lewat aja...
ketahui ilmunya juga...
ntar klo dah baca bukunya kita bisa share lebih seru pasti.... (^.^)

hijrah mardiani said...

@janari : nice comment...
setuju banget...

kluina_ai said...

nice share all...

tapi..itu kan cuma segelintir teori...

(tetep bersikerah dengan kebodohan...hahaha...)

secara garis besar...emang personality itu kebagi 4...ada sanguinis..bla bla bla..

tapi ini beda mungkin yg saya rasakan...
bukan melihat personality seseorang...
tapi melihat orang di dalam orang...
gimana yah...
jadi saya melihat sosok yang saya kenal di dalm orang yang baru ini...


hmm..
mungkin iya...dari personality tadi...

mungkin juga cuma khayalan saya aja..
hehehe

Post a Comment